Syarat dan Ketentuan
Selamat datang di situs resmi milik Telkomsel Orbit. Halaman ini berisi syarat dan ketentuan bagi seluruh pelanggan Telkomsel Orbit yang menggunakan produk dan atau jasa Telkomsel Orbit baik berupa jasa (dalam bentuk data), konten, fitur, media-media sosial dengan akun Telkomsel Orbit, dan produk-produk Telkomsel Orbit yang di akses melalui website maupun media internet lain serta jaringan telekomunikasi yang dimiliki Telkomsel Orbit (“Layanan”). Dengan menggunakan produk dan atau jasa Telkomsel Orbit dan mengakses halaman ini, berarti melahirkan perjanjian antara Anda dan Telkomsel Orbit. Anda dianggap telah memahami dan menyatakan setuju untuk terikat pada ketentuan yang berlaku. Telkomsel Orbit menghimbau agar Anda membaca Syarat dan Ketentuan ini dengan seksama, Telkomsel Orbit berhak sewaktu-waktu mengubah Syarat dan Ketentuan ini, oleh karena itu Anda dihimbau untuk mengakses secara berkala untuk mengetahui perubahannya (apabila ada).
Pratinjau
Telkomsel Orbit adalah brand telekomunikasi digital dengan sistem GSM (Global System for Mobile Communication) yang menyediakan produk prabayar yang dipasarkan di Indonesia.
Kartu Telkomsel Orbit
- Pelanggan yang baru menggunakan Produk Telkomsel Orbit akan mendapatkan Kartu Perdana yang berupa Kartu SIM (Subscriber Identify Module).
- Dengan menggunakan Kartu Perdana Telkomsel Orbit, Pelanggan menyatakan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan ini termasuk perubahannya (apabila ada) yang ditetapkan oleh Telkomsel Orbit.
- Kartu SIM Telkomsel Orbit hanya dapat diaktifkan di Indonesia paling lama 30 hari sejak pelanggan melakukan pembayaran untuk pembelian kartu perdana.
- Untuk Kartu Perdana prabayar yang telah melewati masa berlaku, maka Kartu SIM tidak dapat diaktifkan dan seluruh saldo pulsa yang tertera pada Kartu Perdana akan hilang. Kartu Perdana prabayar Telkomsel Orbit tersebut tidak dapat dikembalikan kepada Telkomsel Orbit untuk diganti dengan kartu perdana yang masih berlaku dan Pelanggan tidak dapat menuntut ganti rugi kepada Telkomsel Orbit.
- Kartu SIM Telkomsel Orbit bisa digunakan 1 tahun sejak pengisian paket data yang terakhir, apabila dalam jangka waktu 1 kartu tidak digunakan, maka kartu secara otomatis tidak akan bisa digunakan lagi.
- Pada saat akan melakukan aktivasi Kartu Perdana Telkomsel Orbit, pelanggan wajib mengisi data diri yang benar & lengkap serta pelanggan menyatakan bahwa data yang diberikan adalah yang sebenar-benarnya. Telkomsel Orbit berhak menon-aktifkan nomor-nomor yang diketahui memberikan data palsu atau tidak benar sebagaimana ketentuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia.
- Pelanggan yang kehilangan atau kecurian Kartu SIM Telkomsel Orbit dapat segera melaporkan melalui aplikasi Telkomsel Orbit dengan membuka halaman bantuan dan memilih hubungi customer service melalui email : cs@telkomsel.com
- Pelanggan diperbolehkan mengganti Kartu SIM Telkomsel Orbit yang hilang atau rusak melalui aplikasi Telkomsel Orbit dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Telkomsel Orbit
- Atas penggantian Kartu SIM tersebut, Telkomsel Orbit berhak mengenakan:
- Biaya administrasi sesuai ketentuan yang berlaku di Telkomsel Orbit;
- Biaya-biaya lainnya yang dibutuhkan sehubungan dengan penggantian Kartu SIM.
- Atas penggantian Kartu SIM tersebut, Telkomsel Orbit berhak mengenakan biaya tambahan untuk pengiriman sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Telkomsel Orbit tidak bertanggung jawab atas kehilangan pulsa (bagi produk prabayar) pada Kartu Perdana Telkomsel Orbit yang telah rusak atau hilang.
Hak Kekayaan Intelektual
Telkomsel Orbit memiliki merk, logo maupun aplikasi atas Produk Telkomsel Orbit yang seluruhnya dilindungi oleh hukum yang berlaku di Indonesia seperti namun tidak terbatas pada Undang-Undang Hak Cipta dan Undang-Undang Merek. Anda tidak dibenarkan untuk menggunakan, menggandakan, mengimplementasikan, mengaplikasikan merk, logo dan/atau aplikasi tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Telkomsel Orbit. Anda dilarang untuk menggunakan Hak Kekayaan Intelektual milik Telkomsel Orbit dan mengatasnamakan diri sebagai Telkomsel Orbit tanpa dasar hak yang sah. Telkomsel Orbit berhak menuntut penggunaan Hak Kekayaan Intelektual secara tidak sah tersebut berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.
Refund dan pengembalian barang
Telkomsel Orbit berkomitmen untuk memproses refund dana pelanggan dengan ketentuan sebagai berikut:
- Refund bisa diajukan jika:
- Pengajuan refund hanya bisa dilakukan untuk pelanggan yang melakukan pembelian melalui web https://www.myorbit.id/
- Pelanggan tidak menggunakan modem diluar jangkauan layanan Telkomsel Orbit
- Pengajuan refund dilakukan maksimum 7 hari sejak modem dinyatakan oleh jasa ekspedisi sudah diterima
- Perangkat Modem Telkomsel Orbit masih dalam kondisi baik.
- Proses Refund dilakukan melalui beberapa langkah sebagai berikut :
- Pastikan persyaratan pada point 1 diatas terpenuhi
- Mengirimkan pengajuan refund melalui aplikasi MyOrbit di halaman bantuan atau mengirimkan email ke cs@telkomsel.com dengan subject REFUND dan melampirkan dokumen sebagai berikut :
- Bukti transfer (dalam bentuk foto atau screenshot)
- Rincian rekening bank pihak pengirim dana untuk tujuan refund (berupa: nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening)
- Alasan melakukan refund
- Foto perangkat modem
- Menunggu konfirmasi untuk proses pengembalian Modem
- Jika pengajuan disetujui, pelanggan harus mengirimkan kembali modem Telkomsel Orbit dengan kelengkapan sebagai berikut :
- Unit perangkat
- Kartu Sim (sudah terpasang di dalam perangkat)
- Kabel LAN
- Adaptor
- Kartu garansi
- Buku panduan
- Box kemasan Modem
- Jika modem Telkomsel Orbit telah lengkap diterima di gudang (sesuai alamat), maka refund akan dilakukan ke rekening akun yang digunakan pada saat pembayaran, selambat-lambatnya dalam 3 (tiga) minggu oleh partner pembayaran.
Apabila salah satu dari komponen/barang tersebut diatas tidak terpenuhi makan pengembalian barang tidak bisa dilakukan.
Harga dan Tarif Produk Layanan Telkomsel Orbit
- Skema harga Produk Telkomsel Orbit dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan harga yang ditetapkan oleh Telkomsel Orbit.
- Telkomsel Orbit berhak untuk mengubah/ mengakhiri/ menambahkan bagian manapun dari Layanan atau struktur harga setiap saat berdasarkan kebijakan Telkomsel Orbit dan/atau apabila ditentukan dan telah disetujui oleh Pemerintah.
- Telkomsel Orbit dapat memberlakukan tarif yang berbeda pada lokasi dan waktu tertentu sesuai dengan kebijakan tarif Telkomsel Orbit.
- Tarif dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan tarif Telkomsel Orbit yang akan diinformasikan melalui website www.myorbit.id
- Telkomsel Orbit hanya terdapat fitur layanan data.
Pengiriman SIM Card Telkomsel Orbit
- Pengiriman SIM Card Telkomsel Orbit melalui kurir dilakukan setiap hari Senin sampai hari Sabtu.
- Agar pengiriman dilakukan pada hari yang sama, pemesanan melalui kurir pada hari Senin-Jumat dilakukan sebelum pukul 16.00 dan pada hari Sabtu sebelum pukul 13.00, pemesanan di atas jam tersebut akan dilakukan pada hari operasional selanjutnya
- Pengiriman SIM Card Telkomsel Orbit melalui ride hailing dilakukan setiap hari Senin sampai hari Minggu.
- Agar pengiriman dilakukan pada hari yang sama, pemesanan melalui ride-hailing pada hari Senin-Jumat dilakukan sebelum pukul 15.00 dan pada hari Sabtu-Minggu sebelum pukul 12.00, pemesanan di atas jam tersebut akan dilakukan pada hari operasional selanjutnya
- Pengiriman hanya dapat dilakukan ke lokasi-lokasi yang sesuai dengan kode pos atau kecamatan yang tertera di aplikasi Telkomsel Orbit
- SIM Card tidak akan dikirimkan jika lokasi tidak sesuai dengan kode pos atau kecamatan yang tersedia di aplikasi Telkomsel Orbit
Pembayaran
Mekanisme pembayaran dapat dilakukan melalui :
- Outlet/ merchant (Alfamart, PT. Pos Indonesia, Pegadaian)
- E-wallet (LinkAja, Gopay, OVO, DANA)
- Bank dengan virtual account
- Kartu Kredit (pembayaran penuh)
Penyalahgunaan Layanan
Dalam melayani pelanggan, Telkomsel Orbit berkewajiban untuk menjaga kualitas layanan dari perilaku-perilaku yang dapat membahayakan kualitas jaringan dan kenyamanan pelanggan. Sehubungan dengan itu maka:
- Telkomsel Orbit berhak untuk membatasi dan melakukan pemblokiran layanan baik dalam bentuk data terhadap penguna yang diketahui menggunakan layanan Telkomsel Orbit dengan indikasi itikad tidak baik; seperti namun tidak terbatas pada penggunaan layanan diluar batas kewajaran normal baik menggunakan atau tanpa menggunakan alat bantu maupun penyalahgunaan layanan Telkomsel Orbit yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Telkomsel Orbit tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan Kartu Telkomsel Orbit oleh pihak lain, atau atas isi dan komunikasi yang dikirim melalui jaringan telekomunikasi Telkomsel Orbit.
- Telkomsel Orbit hanya diperuntukan untuk keperluan perseorangan dan bukan dimaksudkan untuk dijual kembali (reseller). Pihak Telkomsel Orbit berhak untuk membatasi pemesanan atas kartu Telkomsel Orbit yang terindikasi untuk digunakan dalam kegiatan penjualan kembali.
Akses Layanan Pelanggan
Layanan pelanggan dilakukan melalui kontak telepon yang ada di web dan aplikasi Orbit, melalui email cs@telkomsel.com
Pembaharuan Layanan
- Dalam menjalankan layanan, Telkomsel Orbit berhak sewaktu-waktu untuk memperbaharui layanan, dengan pertimbangan seperti namun tidak terbatas pada:
- Ditetapkan oleh pihak yang berwenang;
- Layanan sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi terkini;
- Layanan sudah tidak digunakan lagi dan Layanan akan alihkan dengan Layanan yang sejenis; dan
- Pertimbangan-pertimbangan lain yang dianggap patut dan pantas oleh Telkomsel Orbit.
- Dengan dilakukannya pembaharuan terhadap suatu Layanan, Pelanggan setuju untuk membebaskan Telkomsel Orbit dari segala tuntutan dan tanggung jawab hukum yang timbul dari kebijakan sebagaimana dimaksud.
Pemblokiran dan Penangguhan Layanan
Telkomsel Orbit berhak menurut kebijaksanaan dan kenyamanan seluruh pelanggannya, untuk melakukan pemblokiran dan/atau penangguhan Layanan apabila terjadi hal-hal seperti namun tidak terbatas pada:
- Apabila ada permintaan resmi dari instansi yang berwenang;
- Apabila ada indikasi penyalahgunaan Layanan dengan cara apapun sehingga menimbulkan kerugian baik bagi Telkomsel Orbit maupun bagi pelanggan lainnya;
- Apabila melakukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini;
- Apabila penggunaan produk Telkomsel Orbit diduga kuat dan disertai bukti valid digunakan untuk melakukan perbuatan melanggar hukum seperti namun tidak terbatas pada penipuan, sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Atas pemblokiran dan penangguhan layanan tersebut, Pelanggan tidak dibenarkan untuk menuntut ganti rugi apapun dari Telkomsel Orbit.
Keadaan Memaksa/Force Majeure
Keadaan memaksa adalah kejadian luar biasa yang terjadi di luar kontrol Telkomsel Orbit yang dapat menyebabkan pelanggan tidak dapat menikmati layanan Telkomsel Orbit, seperti namun tidak terbatas pada:
- Bencana alam seperti gempa bumi, badai, kecelakaan, banjir, perang, huru-hara;
- Tindakan perbuatan keadaan pihak lain sehingga Telkomsel Orbit tidak dapat memberikan jasa pelayanan kepada Pelanggan;
- Gangguan teknis atau alasan lainnya diluar kuasa dan kontrol Telkomsel Orbit.
*Dalam hal terjadi keadaan memaksa, Telkomsel Orbit dibebaskan dari tanggung jawabnya.
Lain-lain
- Telkomsel Orbit berhak menarik kembali reclaim layanan dari pelanggan baik sementara waktu maupun sepenuhnya dalam hal terjadi kesalahan teknis dan/ atau penyalahgunaan layanan dan Pelanggan setuju untuk membebaskan Telkomsel Orbit dari segala tuntutan dan tanggung jawab hukum.
- Telkomsel Orbit tidak bertanggung jawab terhadap klaim sehubungan dengan penggunaan Produk Telkomsel Orbit yang digunakan pada pesawat telepon maupun infrastruktur lainnya atau peralatan yang berkenaan dengan jasa telekomunikasi yang diberikan oleh Telkomsel Orbit sehingga terjadi cidera fisik, penyakit, resiko kesehatan atau kerusakan-kerusakan lainnya yang timbul sebagai akibat penggunaan jasa telekomunikasi.
- Setiap ketentuan baru yang diinformasikan baik dalam website atau media lain yang ditentukan oleh Telkomsel Orbit dari waktu ke waktu dianggap merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan berlangganan yang berlaku bagi pelanggan Telkomsel Orbit.
- Telkomsel Orbit tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul sebagai akibat dari penyalahgunaan nomor-nomor Produk Telkomsel Orbit oleh Pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
- Pelanggan setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran informasi terkait dengan produk-produk program marketing Telkomsel Orbit dan pihak yang bekerjasama dengan Telkomsel Orbit sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh Telkomsel Orbit.
- Syarat dan Ketentuan yang lebih khusus diatur lebih lanjut pada syarat dan ketentuan masing-masing Layanan Telkomsel Orbit.
- Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, oleh karena itu pelanggan dihimbau untuk selalu mengakses halaman ini untuk mengetahui perubahannya (apabila ada).